Selasa, 10 Januari 2017

TUGAS V-CLASS 1 Telekomunikasi

TUGAS V-CLASS   1

1.  Apakahdefinisi  dari  telekomunikasi ?
2.  Sebutkan media atausarana yang bisadigunakanuntukkomunikasi(tradisionalmaupun modern)
3.  Sebutkandanjelaskansalurantransmisi yang digunakanuntukberkomunikasi.
4.  Sebutkandanjelaskanjenis-jenis modulasi analog
5.  Sebutkandanjelaskanjenis-jenispropagasigelombang radio


1.  Apakahdefinisi  dari  telekomunikasi ?

Telekomunikasi adalahteknikpengirimanataupenyampaian infomasi, darisuatutempatketempat lain. Dalamkaitannyadengan 'telekomunikasi' bentuk komunikasi jarakjauhdapatdibedakanatastigamacam:
·         KomunikasiSatuArah (Simplex). Dalamkomunikasisatuarah (Simplex) pengirimdanpenerimainformasitidakdapatmenjalinkomunikasi yang berkesinambunganmelalui media yang sama. Contoh :Pagertelevisi, dan radio.
·         KomunikasiDuaArah (Duplex). Dalamkomunikasiduaarah (Duplex) pengirimdanpenerimainformasidapatmenjalinkomunikasi yang berkesinambunganmelalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP.
·         Komunikasi Semi DuaArah (Half Duplex). Dalamkomunikasi semi duaarah (Half Duplex)pengirimdanpenerimainformsiberkomunikasisecarabergantiannamuntetapberkesinambungan. Contoh :Handy TalkieFAX, dan Chat Room



2.  Sebutkan media atausarana yang bisadigunakanuntukkomunikasi(tradisionalmaupun modern) ?

A.    AlatKomunikasiTradisional
·         Lonceng
·         DaunLontar
·         Kentongan
·         Asap
B.     AlatKomunikasiTradisional
·         Telepon
·         Koran ( SuratKabar )
·         Televisi
·       Internet



3.  Sebutkandanjelaskansalurantransmisi yang digunakanuntukberkomunikasi.

A.Guided Transmission Media (Kabel)
Guided transmission media atau media transmisiterpandumerupakansistemkabel yang digunakansebagaijaringannya.
Twisted Pair Cable
Kabel Twisted Pair initerbagimenjadiduajenisyaitu shielded (STP) dan unshielded (UTP). Shielded adalahjeniskabel yang memilikiselubungpembungkussedangkan unshielded tidakmempunyaiselubungpembungkus. Untukkoneksinyakabeljenisinimenggunakankonektor RJ-11 atau RJ-45.
Pada twisted pair (10 BaseT) network, komputerdisusunmembentuksuatupola star. Setiap PC memilikisatukabel twisted pair yang tersentralpada HUB. Twisted pair umumnyalebihhandal  (reliable) dibandingkandengan thin coax karenaHUBmempunyaikemampuan data error correction danmeningkatkankecepatantransmisi.
Saatiniadabeberapa grade, ataukategoridarikabel twisted pair. Kategori 5 adalah yang paling reliable danmemilikikompabilitas yang tinggi, dan yang paling isarankan. Berjalanbaikpada 10Mbps dan Fast Ethernet (100Mbps). Kabelkategori 5 dapatdibuat straight-through atau crossed.
Kabel straight through digunakanuntukmenghubungkankomputerke HUB. Kabel crossed digunakanuntukmenghubungkan HUB ke HUB. Panjangkabelmaksimumkabel Twisted-Pair adalah 100 m.
Coaxial Cable
Coaxial Cable  merupakansuatujeniskabel yang menggunakanduabuahkonduktordankabel yang mempunyaitingkattransmisi data yang lebihtinggidibandingkandengankabelbiasatetapilebihmahal.
C.Fiber Optic KabelKaca
Fiber Optic Cable dibuatdariserabut-serabutkaca (optical fibers) yang tipis dengan diameter sebesar diameter rambutmanusia, mempunyaikecepatanpengiriman data sampai 10 kali lebihbesardari coaxial cable.
B.Unguided (RadiasiElektromagnetik)
Unguided merupakanradiasielektromagnetik yang digunakandandipancarkanmelaluiudaraterbukauntukmengiriminformasidenganjarak yang cukupjauh.


·                     Satelit

Satelitadalah media transmisi yang fungsiutamanyamenerimasinyaldaristasiunbumidanmeneruskannyakestasiunbumi lain.
Inframerah
Inframerahbiasadigunakanuntukkomunikasijarakdekat, dengankecepatan 4 Mbps.


·                     Microwave

Microwave  merupakangelombang radio frekuensitinggi yang dipancarkandarisatustasiunkestasiun yang lain.


·                     Sinar Laser

Teknologikomunikasisinar laser banyakdigunakanuntukpenelitian-penelitian.
4.  Sebutkandanjelaskanjenis-jenis modulasi analog
4.  Sebutkandanjelaskanjenis-jenis modulasi analog

A. Amplitude Modulation (AM) AM ataumodulasiamplitudoadalahamplitudosinyal carrier yang berubahsesuaipergerakandariamplitudosinyal input. Adapunfrekuensidanfasasinyal carrier pada AM tidakberubah. Berdasarkanbentukkeluarannya, hasil AM adatigamacam. Bentukkeluaranditentukanolehsebuahkoefisienindeksmodulasi.

B. Frequency Modulation (FM) FM ataumodulasifrekuensiadalahfrekuensisinyal carrier yang berubahsesuaipergerakandariamplitudosinyal input. Adapunamplitudosinyal carrier pada FM tidakberubah. Padamodulasi FM terjadifenomenaintermodulasi.

C. Phase Modulation (PM) PM ataumodulasifasaadalahfasasinyal carrier yang berubahsesuaipergerakandariamplitudosinyal input.


5.  Sebutkandanjelaskanjenis-jenispropagasigelombang radio

PropagasiGelombang Radio (GelombangElektromagnetik)

A.Propagasigelombang radio dapatdiartikansebagai proses perambatangelombang radio daripemancarkepenerima. Transmisisinyal dengan media non-kawatmemerlukan antenna untukmeradiasikansinyal radio keudarabebasdalambentuk gelombangelektromagnetik (em). Gelombanginiakanmerambatmelaluiudarabebasmenuju antenna penerimadenganmengalamiperedamansepanjanglintasannya, sehinggaketikasampai di antenna penerima, energy sinyalsudahsangatlemah.
Gelombang (em) dalamperambatannyamenuju antenna penerimadapatmelaluiberbagaimacamlintasan. Jenislintasan yang diambiltergantungdarifrekuensisinyal, kondisiatmosfirdanwaktutransmisi. Ada 3 jenislintasandasar yang dapatdilalui, yaknimelaluipermukaantanah (gelombangtanah), melaluipantulandarilapisanionosfir di langit (gelombanglangit), danperambatanlangsungdari antenna pemancarke antenna penerimatanpaadapemantulan (gelombanglangsung).
 B. PropagasiGelombang Tanah
Gelombangtanahmerambatdekatpermukaantanahdanmengikutilengkunganbumi, sehinggadapatmenempuhjarakmelampaui horizon. Perambatanmelaluilintasaninisangatkuatpadadaerahfrekuensi 30 kHz – 3 MHz. Di atasfrekuensitersebutpermukaanbumiakanmeredamsinyal radio, karenabenda-benda di bumimenjadisatuukurandengan panjanggelombang sinyal. Sinyaldaripemancar AM utamanyamerambatmelaluilintasanini.

C. PropagasiGelombangLangit
Gelombanglangit diradiasikanoleh antenna kelapisanionosfir yang terletak di atmosfirbagianatasdandibelokkankembalikebumi. Ada beberapalapisanionosfiryaknilapisanD , E, F1 dan F2, dimanakeberadaannya di langitberubah-ubahmenurutwaktu, dansangatmempengaruhiperambatansinyal.
Lapisan D dan E adalahlapisan yang paling jauhdarimataharisehinggakadarionisasinyarendah. Lapisaninihanyaadapadasianghari, dancenderungmenyerapsinyalpadadaerahfrekuensi 300 kHz – 3 MHz.
Lapisan F terdiridarilapisan F1 dan F2, mempunyaikadarionisasi yang paling tinggikarenadekatdenganmatahari, sehinggaadapadabaikpadasiangmaupunmalamhari. Lapisanini yang paling mempengaruhisinyal radio, dimanapadadaerahfrekuensi 3 – 30 MHz, sinyal yang sampaikelapisaninipadasuduttertentu, akandibelokkankembalikebumi, ketempat yang sangatjauhdari antenna pemancarnyadenganredaman yang kecil, sehinggasangatbermanfaatuntuktransmisisinyal. Sinyal yang sampaikelapisantersebutpadasudut yang besarterhadapbumi, akandilewatkankeruangangkasa.
D. PropagasiGelombangLangsung
Padapropagasiini, sinyal yang dipancarkanoleh antenna pemancarlangsungditerimaoleh antenna penerimatanpamengalamipantulan, disebut Line Of Sight (LOS). Karenaperambatannyaharussecaralangsung, maka di lokasi- lokasi yang antenna penerimanyaterhalang, tidakakanmenerimasinyal (blocked spot).
Jaraktransmisi yang dapatdijangkaupadapropagasi LOS relative pendekdandibatasiolehtinggi antenna pemancardanpenerimanya, direpresentasikanmelaluirumusberikut:
Dimana,
d : jarak antenna pemancardanpenerima, km
ht : tinggi antenna pemancar, m
hr : tinggi antenna penerima, m

Komunikasi LOS paling banyakdigunakanpadatransmisisinyal radio di atas 30 MHz yaknipadadaerah VHF, UHF, dan microwave. Pemancar FM dan TV, menggunakanpropagasiini. Untukmengatasijarakjangkau yang pendek, digunakan repeater, yang terdiridari receiver dengansensitivitastinggi, transmitter dengandayatinggi, dan antenna yang diletakkan di lokasi yang tinggi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar