Jumat, 17 Juni 2016

Tugas Rangkaian Logika

1.      Apakah yang di maksud dengan gerbang logika (logic gate)?
2.      Apakah perbedaan antara rangkaian logika dan gerbang logika ?
3.      Jelaskan perbedaan antara system logika itf dan system logika negatif!
4.      Jika di susun  table kebenaran untuk gerbang NAND delapan masukan,berapa banyak kombinasi  yang berbeda dari semua keadan masuksan nya?

Jawab
1.      Gerbang  logika atau dalam bahasa inggris di sebut LOGIC GATE adalah dasar pembentukan system elektronika digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa input(masukan) menjadi sebuah sinyal output(keluaran)logis. Gerbang logika beroprasi berdasarkan system bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode symbol yakni 0 dan 1 dengan menggunakan teori aljabar Boolean.

2.      Rangkaian logika adalah rangkaian yang menerapkan dasar-dasar logika dalam pemakaiannya. Dasar-dasar logika adalah operasi yang menerapkan  Pada umumnya rangkaian logika menggunakan gerbang-gerbang logika yang terintegrasi dalam satu IC.
Sedangkan GERBANG LOGIKA adalah dasar pembentukan system elektronika digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa inputan menjadi sebuah sinyal output.

3.      LOGIKA POSITIF
-          Bila taraf taraf tegangan tinggi-H dinyatakan sebagai logika-1 dan taraf tegangan rendah dengan logika-0
-          pengertian logika positif adalah suatu penerapan tegangan pada rangkaian logika, dimana tegangan yang lebih positif dinyatakan dengan logika "1" dan tegangan yang lebih negatif dinyatakan dengan logika "0".

LOGIKA NEGATIF
-          bila taraf tegangan tinggi dinyatakan dengan logika "0", sedangkan taraf  tegangan rendah dinyatakan dengan logika "1".
-          Pengertian logika negatif suatu penerapan tegangan pada rangkaian logika, dimana tegangan yang lebih positif dinyatakan dengan logika "0" dan tegangan yang lebih negatif dinyatakan dengan logika "1".
4.        





Di atas adalah contoh gambar gerbang logika nand 8 inputan
Oeprasi NAND :
-          Merupakan inverse(kebalikan) dari operasi and
-          Jika input a and b keduanya high, maka output x akan low
-          Jika input a dan b keduanya low, maka output x nya high


Tidak ada komentar:

Posting Komentar